Daun gaharu, tumbuhan yang memiliki nama latin Aquilaria malaccensis. Pohon ini banyak ditemui di Asia semacam Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia( paling utama didaerah Kalimantan serta Sumatera), Iran, Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapore, serta Thailand.

Nama dalam bahasa Inggris diketahui dengan Agarwood, Aloewood, Eaglewood, ataupun Lign aloes. Pada isu internasional tumbuhan ini dilindungi sebab terancam punah serta di India melaksanakan aksi konservasi dengan melarang ekspor.

Kepercayaan serta Pemakaian Daun Gaharu

Dalam bermacam literatur islam, gaharu kerap disebutkan semacam pada sahih muslim dijadikan salah satu obat. Ibnu Sina bagaikan tokoh medis modern, mengatakan Gaharu dalam kitab ataupun novel nya Al- Qanun Fi Tib bisa menghindari serta mengobati penyakit yang adat di tiap badan manusia. Mulai dari kendala benak sampai urat- urat saraf.

Setelah itu di wilayah Tibet serta di Asia Tenggara jadi salah satu praktek kedokteran secara tradisional. Dalam pertumbuhan riset isi secara kimiawi. Daun ini menolong bagaikan zat pengobatan yang bisa di penciptaan misal jadi minyak essensial serta obat gusi. Merk dari bahan Gaharu dikira berharga, karena dekat pula dengan istiadat keagamaan yang memakainya bagaikan ritual.

Khasiat Daun Gaharu yang digunakan Dalam Masyarakat

Khasiat daun gaharu bagaikan herbal pada mulanya merupakan buat penyembuhan serta teruji mengobati bermacam penyakit kronis semacam:

Diabetes

Stroke

Asam urat

Permasalahan ginjal

Kanker prostat

Asma

Tiroid keletihan kronis

Disfungsi seksual

Kegelisahan

Kendala tidur

Penyusutan berat badan

Detoksifikasi

Mabuk

Sembelit

Tekanan darah tinggi

Kandungan gula darah yang tidak normal( semacam diabet)

Kendala kulit

Penuaan dini

Perawatan paru

Permasalahan peredaran darah

Penyembuhan sakit kepala

Tata cara tradisional ini digunakan dalam wujud seduan teh. Pada sebagian negeri, daun gaharu mempunyai sejarah yang panjang di Asia tenggara. Daun teh gaharu ini sudah digunakan buat 100 tahun di segala Asia Tenggara oleh para praktisi kesehatan tradisional serta tidak cuma para spiritualis yang memakainya dalam aktivitas ibadah.

Dalam warga kerap digunakan buat menyembuhkan lambung, ginjal serta permasalahan respirasi. Dosis kedokteran yang direkomendasikan/hari optimal merupakan 3 gr.